Layanan Premium Tinder, Spotify, Netflix Hindari Pajak Google

Beberapa waktu lalu, layanan kencan online milik Match Group yaitu Tinder melakukan uji coba fitur pembayaran terbaru pada aplikasi mereka dimana fitur tersebut memudahkan pengguna Tinder untuk membeli layanan Tinder Plus (Tinder Gold), tanpa melalui Play Store. Diketahui, Tinder sengaja merilis fitur ini karena tak ingin membayar pajak yang diminta Google.

Selain Tinder, sebelumnya layanan Spotify dan juga Netflix melakukan hal yang sama. Ini karena kebijakan Google pada pajak in-app purchase di Play Store yang bisa mencapai 30 persen. Tentu saja pajak ini akan berpengaruh pada keuntungan yang didapat dari perusahaan tersebut.

Tinder sendiri tidak mengonfirmasi hal ini secara langsung, namun juru bciara Match Group, Justine Sacco mengatakan bahwa fitur pembayaran langsung milik Tinder diluncurkan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pembayaran.

“Kami terus menguji coba fitur terbaru untuk memberikan kemudahan bagi pengguna kami. Kami akan selalu menghadirkan pilihan yang menguntungkan bagi pengguna, salah satunya adalah opsi pembayaran,” ucap Justine sebagaimana dikutip dari Endgadget.

Dengan fitur tersebut, Tinder langsung menggunakan sistem pembayaran yang terdapat pada aplikasi emreka. Pengguna hanya perlu menambahkan detail informasi kartu kredit, dengan begitu maka aplikasi Tinder akan menggunakan kartu kredit tersebut sebagai sistem pembayaran default dan akan langsung melenyapkan opsi pembayaran Play Store.

 

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/23/07020057/tinder-spotify-dan-netflix-tak-mau-dipajaki-google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *