Inovasi Virtual Reality Bantu Alihkan Rasa Sakit IbuSaat Proses Persalinan

Proses persalinan atau melahirkan merupakan suatu proses yang menegangkan sekaligus membahagiakan bagi para wanita. Setelah mengandung bayi selama berbulan-bulan, kaum wanita harus mengalami proses persalinana yang menyebabkan rasa sakit.

Sebuah rumah sakit bernama Welsh NHS di Cardiff, Wales memiliki sebuah inovasi terbaru yang melibatkan teknologi virtual reality. Wanita yang akan melahirkan ditawarkn untuk mencoba pengalaman Virtual Reality (VR). Teknologi ini dipercaya dapat membantu lebih rileks dan mengalihkan pikiran mereka dari rasa sakit yang sedang dialami.

University Hospital of Wales di Cardiff menguji apakah dengan memperlihatkan suasana yang menenangkan dapat mengurangi ketidaknyamanan. Terdapat beberapa video yang bisa dipilih seperti pantai, aurora, berjalan di Mars, atau berjalan bersama penguin dan kerbau dengan durasi tujuh menit. Sesi tersebut juga disuguhi dengan visual dibarengi dengan music dan voice over yang lembut. Efek menenangkan ini bisa dirasakan selama 45 menit.

Suzanne Hardacre, Kepala Bidan untuk Dewan Kesehatan Cardiff mengatakan bahwa pengalaman menggunakan VR ini bisa menjadi alternatif. Hardacre melihat peluang besar dalam penggunaan VR untuk membantu wanita pada persalinan tahap awal dalam pernapasan, relaksaki, dan juga sedikit ‘melupakan’ proses persalinan.

Terdapat respon positif dari pasien yang sudah mencoba metode VR. Seorang wanita bernama Hannah Lelii telah mencoba metode ini sebelum kelahiran bayi pertamanya. Ia mengaku bahwa terkesan dengan teknologi ini dan cara penerapannya. Ia takjub akan pemandangan 360 derajat yang ia lihat melalui VR. Metode ini juga sudah teruji di Rumah Sakit Cedars Sinai di Los Angeles dan mendapat respon yang positif juga.

Sumber :

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4041640/bantu-ibu-alihkan-nyeri-persalinan-rumah-sakit-ini-pakai-perangkat-virtual-reality?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftag%2Fteknologi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *